DAFTAR ISI
2.2 Membuat Aplikasi Menghitung Nilai
Mata Kuliah
2.2.1 Membuat Aplikasi Menghitung Nilai
Mata Kuliah
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi dan komputer dari waktu ke waktu dirasakan semakin meningkat pesat.
Perkembangan di bidang teknologi komputer ini telah mendorong penggunaan dan
manfaat perkembangan teknologi tersebut secara luas di berbagai bidang dan
aspek kehidupan. Perkembangan ini memudahkan masyarakat pada umumnya dan
individu pada khususnya dalam menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Salah satu
contoh pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri
adalah dengan pemanfaatan komputer beserta perangkat lunaknya untuk membantu
memecahkan permasalahan yang ada.
Visual
Basic .NET atau biasa disebut dengan VB.NET. Pemrograman
ini sangat mudah dipahami dan dipelajari, sama seperti pendahulunya
yaitu Visual Basic, namun keduanya tidak sama. Konsep
Pemrograman Visual sudah beralih dari TUI (Text User Inteface) ke GUI (Grafik
User Interface) atau perancangan program yang didasarkan pada penulisan code
program saja beralih ke Basic Rancangan Program dengan perintah tunjuk obyek.
Implementasinya Codinge sebelum
menulis code program akan diberi fasilitas penggunaan kotak peralatan (ToolBox)
yang berisi semua obyek (Peralatan Penyusunan Program).
1.2
Tujuan Penulisan
Tujuan tugas ini antara lain :
1.
Memenuhi tugas mata kuliah
2.
Sebagai media pembelajaran
3.
Memahami apa itu percabangan
4.
Dapat menggunakan fungsi percabangan
1.3
Rumusan Masalah
1.
Membuat Aplikasi menghitung nilai mata
kuliah dengan fungsi percabangan
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Percabangan
2.1.1
Pengertian Percabangan
Dalam ilmu komputer, pernyataan percabangan, ekspresi
percabangan, dan konstruksi percabangan adalah fitur dari bahasa pemrograman yang melakukan perhitungan atau
tindakan yang berbeda tergantung pada apakah kondisi boolean yang ditentukan pemrogram mengevaluasi benar
atau salah. Terlepas dari kasus predikasi
cabang, ini selalu dicapai dengan secara selektif
mengubah aliran kontrol berdasarkan
beberapa kondisi.
Dalam bahasa pemrograman imperatif,
biasanya menggunakan istilah "pernyataan percabangan", sedangkan dalam pemrograman fungsional, istilah "ekspresi percabangan"
atau "konstruksi percabangan" lebih disukai, karena semua istilah ini
memiliki arti yang berbeda.
Meskipun pengiriman dinamis biasanya tidak diklasifikasikan sebagai konstruksi percabangan, itu adalah cara lain untuk memilih antara alternatif saat runtime.
2.1.2
IF Else
Jika kondisi bernilai benar, maka perintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan diabaikan. Penulisan kondisi harus di dalam tanda kurung dan berupa ekspresi relasi dan penulisan pernyataan dapat berupa pernyataan tunggal, pernyataan majemuk, atau pernyataan kosong. Diagram Alir :
2.1.3
Nested If
Nested If merupakan
pernyataan If berada di dalam pernyataan If yang lainnya. Bentuk penulisannya:
2.1.4
If – Else Majemuk
Bentuk dari If-Else
bertingkat sebenarnya serupa dengan nested if. Keuntungan penggunaan If-Else
bertingkat dibanding dengan nested if adalah penggunaan bentuk penulisan yang
lebih sederhana. Bentuk penulisannya:
2.2
Membuat Aplikasi Menghitung Nilai Mata Kuliah
2.2.1
Membuat Aplikasi Menghitung Nilai Mata Kuliah
1.
Buatlah project baru Pilih Windows Form App dan isi nama dengan
nama APKNilai, Target Framework
gunakan .NET Core 3.1 (Long-term support)
Lalu Klik Create.
2.
Maka akan menampilkan layout Form1.
3.
Buatlah tampilan dengan object Label, GroupBox, TextBoxt, dan Button seperti pada gambar.
GroupBox
dapat berfungsi sebagai object control yang menampung berbagai object lainnya.
4.
Dengan propertiya berdasarkan tabel
berikut,
Object Kontrol |
Properties |
Nilai |
Keterangan |
Form1 |
Text |
Aplikasi Nilai |
|
StartPosition |
CenterScreen |
||
Label1 |
Text |
1 SKS Teori, 2 SKS Praktikum |
|
GroupBox1 |
Text |
Nilai Teori (33%) |
|
GroupBox2 |
Text |
Nilai Praktikum (67%) |
|
GroupBox3 |
Text |
Total Nilai |
|
Label2 |
Text |
Tugas (30%) |
|
Label3 |
Text |
Keaktifan (10%) |
|
Label4 |
Text |
UTS (30%) |
|
Label5 |
Text |
UAS (30%) |
|
Label6 |
Text |
Kerja (60%) |
|
Label7 |
Text |
Laporan (10%) |
|
Label8 |
Text |
Ujian (30%) |
|
Label9 |
Text |
Nilai Total |
|
Label10 |
Text |
Nilai Huruf |
|
TextBox1 |
Name |
txtTugas |
|
TabIndex |
0 |
||
TextBox2 |
Name |
txtKeaktifan |
|
TabIndex |
1 |
||
TextBox3 |
Name |
txtUTS |
|
TabIndex |
2 |
||
TextBox4 |
Name |
txtUAS |
|
TabIndex |
3 |
||
TextBox5 |
Name |
txtKerja |
|
TabIndex |
4 |
||
TextBox6 |
Name |
txtLaporan |
|
TabIndex |
5 |
||
TextBox7 |
Name |
txtUjian |
|
TabIndex |
6 |
||
TextBox8 |
Name |
txtTotal |
|
ReadOnly |
True |
|
|
TabStop |
False |
Agar tab tidak mengarah ke objek ini |
|
TextBox9 |
Name |
txtHuruf |
|
ReadOnly |
True |
|
|
TabStop |
False |
Agar tab tidak mengarah ke objek ini |
|
Button1 |
Name |
btnProcess |
|
TabIndex |
7 |
||
Text |
Process |
||
Button2 |
Name |
btnClear |
|
TabIndex |
8 |
||
Text |
Clear |
5.
Jika sudah mengubah properties object dapat
dilihat pada gambar dibawah.
2.2.2
Halaman Code
1. Buka
halaman code dengan View Code dengan
kanan pada form1.vb
2. Deklarasikan
Variabel yang akan digunakan pada aplikasi menghitung nilai mata kuliah ini
3. Klik
dua kali button btnClear_Click, isikan
code dibawah untuk membuat btnClear ketika
diklik akan menghapus isinya TextBox dan kemudian cursor akan diarahkan ke txtTugas.
4. Klik
dua kali button btnProcess_Click, isikan
code dibawah untuk membuat btnProcess. Isikan
code dibawah menggunakan pernyataan If dan else if untuk mengisi fungsi pada
TextBox
5. Lalu
untuk menghitung nilai dapat mengisikan fungsi pada btnProcess_klik, code seperti dibawah ini.
6. Untuk
mengisi nilai huruf dapat menggunakan pernyataan if dan else if seperti gambar
dibawah
7. Jika sudah hasil dari running aplikasi menghitung nilai mata kuliah sebagai berikut.
BAB III PENUTUP
No comments:
Post a Comment