Sunday, October 24, 2021

TIPE DATA, VARIABLE, KONSTANTA DAN OPERATOR

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR.. 2

DAFTAR ISI 3

BAB I PENDAHULUAN.. 4

1.1      Latar Belakang. 4

1.2      Tujuan Penulisan. 4

1.3      Rumusan Masalah. 4

BAB II PEMBAHASAN.. 5

2.1      Tipe Data, Variabe, Konstanta Dan Operator 5

2.2.1       Pengertian Variabel 5

2.2.2       Pengertian Statement 5

2.2.3       Pengertian Konstanta. 5

2.2.4       Pengertian Operator 6

2.2.5       Membuat Kalkulator Sederhana. 6

2.2.5.1    Membuat Method Dan Events. 8

BAB III PENUTUP. 13

3.1      Kesimpulan. 13

DAFTAR PUSTAKA

 

BAB I PENDAHULUAN

 

1.1         Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan komputer dari waktu ke waktu dirasakan semakin meningkat pesat. Perkembangan di bidang teknologi komputer ini telah mendorong penggunaan dan manfaat perkembangan teknologi tersebut secara luas di berbagai bidang dan aspek kehidupan. Perkembangan ini memudahkan masyarakat pada umumnya dan individu pada khususnya dalam menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Salah satu contoh pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri adalah dengan pemanfaatan komputer beserta perangkat lunaknya untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada.

Visual Basic .NET atau biasa disebut dengan VB.NET.  Pemrograman ini sangat mudah dipahami dan dipelajari, sama seperti pendahulunya yaitu Visual Basic,  namun keduanya tidak sama. Konsep Pemrograman Visual sudah beralih dari TUI (Text User Inteface) ke GUI (Grafik User Interface) atau perancangan program yang didasarkan pada penulisan code program saja beralih ke Basic Rancangan Program dengan perintah tunjuk obyek. Implementasinya Codinge sebelum menulis code program akan diberi fasilitas penggunaan kotak peralatan (ToolBox) yang berisi semua obyek  (Peralatan Penyusunan Program). 

1.2         Tujuan Penulisan

Tujuan tugas ini antara lain :

1.        Memenuhi tugas mata kuliah

2.        Sebagai media pembelajaran

3.        Memahami Tipe Data, Variabel, konstanta dan Operator

4.        Dapat menggunakan Tipe Data, Variabel, konstanta dan Operator

1.3         Rumusan Masalah

1.        Membuat Kalkulator sederhana menggunakan Tipe Data, Variabel, Konstanta dan Operator

 

BAB II PEMBAHASAN

 

2.1         Tipe Data, Variabe, Konstanta Dan Operator

2.2.1        Pengertian Variabel

Dalam pemrograman komputer, variabel adalah lokasi dan penyimpanan dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui atau informasi, nilai. Nama variabel adalah cara biasa untuk referensi nilai yang disimpan, pemisahan nama dan konten ini memungkinkan nama yang akan digunakan secara terpisah dari informasi tepat yang diwakilinya Nama variabel di kode sumber komputer adalah pengenal yang dapat terikat ke nilai selama waktu berjalan, dan nilai yang dapat berubah selama program eksekusi.

2.2.2        Pengertian Statement

Statement adalah unsur dasar pembentuk program. Suatu program terdiri dari beberapa statement dimana komputer akan melakukan tugas tertentu sesuai dengan urutan statement. Statement ada tiga jenis, yaitu : expression statement, compound statement, control statement.

2.2.3        Pengertian Konstanta

Dalam pemrograman komputer, 'Konstanta' adalah identifier yang terkait nilai tidak dapat kebanyakan diubah oleh program selama pelaksanaannya (meskipun dalam beberapa kasus ini bisa dielakkan, misalnya menggunakan self-modifying code). Banyak bahasa pemrograman membuat perbedaan sintaksis eksplisit selang simbol konstan dan variable.

Walaupun nilai constant yang ditentukan hanya sekali, sebuah constant bisa direferensikan berkali-kali dalam sebuah program. Menggunakan konstan, bukan menentukan nilai beberapa kali dalam program tidak dapat hanya menyederhanakan pemeliharaan kode, tetapi juga bisa menyediakan nama yang bermakna sebagai itu dan menggabungkan ikatan constant seperti ke lokasi kode standar (misalnya, di awal).

 

2.2.4        Pengertian Operator

Operator adalah simbol atau tanda yang jika diletakkan pada dua buah operand (data) dapat menghasilkan sebuah hasil, operator berupa simbol yang digunakan untuk menyusun suatu ekspresi dengan melibatkan satu atau beberapa operand. Contohnya pada matematika dimana tanda tambah (‘+’) jika diletakkan di antara dua buah angka akan menghasilkan angka lain hasil pertambahan dari dua angka tersebut.

 

2.2.5        Membuat Kalkulator Sederhana

1.      Buatlah project baru seperti dibawah ini dengan nama Kalkulator, Lalu Klik Create.

2.      Maka akan menampilkan layout Form1.

3.      Kemudian akan membuat susunan label, text box dan button seperti dibawah ini

4.      Dengan propertiya berdasarkan tabel berikut,

Object

Properti

Nilai

Keterangan

Label1

Text

Bilangan Pertama

 

Label2

Text

Bilangan Kedua

 

TextBox1

Name

txtBil1

Untuk menyimpan bilangan pertama

TabIndex

0

TextBox2

Name

txtBil2

Untuk menyimpan bilangan kedua

TabIndex

1

Button1

Name

btnTambah

Menangani penjumlahan bilangan pertama dan kedua

Text

+

Tabindex

2

Button2

Name

btnKurang

Menangani pengurangan bilangan pertama dan kedua

Text

-

Tabindex

3

Button3

Name

btnKali

Menangani perkalian bilangan pertama dan kedua

Text

X

Tabindex

4

Button4

Name

btnBagi

Menangani pembagian bilangan pertama dan kedua

Text

/

Tabindex

5

Button5

Name

btnClear

 

Menangani penghapusan semua data, pada txtBil1, txtBil2, dan txtHasil

Text

Clear

Tabindex

6

Label3

Text

Hasil

 

TextBox3

Name

txtHasil

 

ReadOnly

True

Properti ini dengan nilai True menyebabkan txtHasil hanya Read Only (hanya bisa dibaca, tapi tidak bisa dilakukan perubahan teks)

 

5.      Setelah mengatur properties pada object-object tersebut maka tampilannya sebagai berikut.

 

2.2.5.1  Membuat Method Dan Events

Variabel-variabel tersebut adalah bil1, bil2 dan hasil yang ketiganya bertipe data double. Variabel bil1 kita gunakan untuk menyimpan nilai dari txtBil1, variabel bil2 untuk menyimpan nilai dari txtBil2 dan variabel hasil yang akan menyimpan nilai dari hasil pengoperasian terhadap bil1 dan bil2. Untuk mendeklarasikan ketiga variabel ini kita buka View Code dari Form1 ini.

1.      Buatlah method dan events pada object btnTambah. Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan hasilnya

2.      Buatlah method dan events pada object btnKurang. Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan hasilnya

3.      Buatlah method dan events pada object btnKali. Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan hasilnya

4.      Buatlah method dan events pada object btnBagi. Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan hasilnya


 

5.      Buatlah method dan events pada object btnClear. Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan hasilnya.

6.      Pilih Form yang akan dijalankan pada menu Startup Object berisikan Sub main.

7.      Lalu untuk menjalankan project dapat klik button Start pada menu bar atas atau bisa menekan F5.

 

BAB III PENUTUP

 

3.1         Kesimpulan

Visual Studio Code merupakan penyunting kode-sumber yang dapat digunakan untuk beragam bahasa pemrograman, termasuk Java, JavaScript, Go, Node Js, Python dan C++. Visual Studio Code memperkerjakan komponen penyunting yang sama (namakode "Monaco") yang digunakan di Azure DevOps (awalnya dippangil Visual Studio Online dan Visual Studio Team Services).

No comments:

Post a Comment