DAFTAR ISI
2.1 Tipe Data, Variabe, Konstanta Dan
Operator
2.2.5 Membuat Kalkulator Sederhana
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi dan komputer dari waktu ke waktu dirasakan semakin meningkat pesat.
Perkembangan di bidang teknologi komputer ini telah mendorong penggunaan dan
manfaat perkembangan teknologi tersebut secara luas di berbagai bidang dan
aspek kehidupan. Perkembangan ini memudahkan masyarakat pada umumnya dan
individu pada khususnya dalam menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Salah satu
contoh pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri
adalah dengan pemanfaatan komputer beserta perangkat lunaknya untuk membantu
memecahkan permasalahan yang ada.
Visual
Basic .NET atau biasa disebut dengan VB.NET. Pemrograman
ini sangat mudah dipahami dan dipelajari, sama seperti pendahulunya
yaitu Visual Basic, namun keduanya tidak sama. Konsep
Pemrograman Visual sudah beralih dari TUI (Text User Inteface) ke GUI (Grafik
User Interface) atau perancangan program yang didasarkan pada penulisan code
program saja beralih ke Basic Rancangan Program dengan perintah tunjuk obyek.
Implementasinya Codinge sebelum
menulis code program akan diberi fasilitas penggunaan kotak peralatan (ToolBox)
yang berisi semua obyek (Peralatan Penyusunan Program).
1.2
Tujuan Penulisan
Tujuan tugas ini antara lain :
1.
Memenuhi tugas mata kuliah
2.
Sebagai media pembelajaran
3.
Memahami Tipe Data, Variabel, konstanta
dan Operator
4.
Dapat menggunakan Tipe Data, Variabel,
konstanta dan Operator
1.3
Rumusan Masalah
1.
Membuat Kalkulator sederhana menggunakan
Tipe Data, Variabel, Konstanta dan Operator
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Tipe Data, Variabe, Konstanta Dan Operator
2.2.1
Pengertian Variabel
Dalam pemrograman komputer, variabel adalah lokasi dan penyimpanan
dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa
kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui atau informasi, nilai. Nama
variabel adalah cara biasa untuk referensi nilai yang disimpan, pemisahan
nama dan konten ini memungkinkan nama yang akan digunakan secara terpisah dari
informasi tepat yang diwakilinya Nama variabel di kode sumber komputer
adalah pengenal yang
dapat terikat ke nilai selama waktu berjalan, dan nilai yang dapat berubah
selama program eksekusi.
2.2.2
Pengertian Statement
Statement adalah unsur dasar pembentuk program. Suatu program
terdiri dari beberapa statement dimana komputer akan melakukan tugas tertentu
sesuai dengan urutan statement. Statement ada tiga jenis, yaitu : expression
statement, compound statement, control statement.
2.2.3
Pengertian Konstanta
Dalam pemrograman komputer, 'Konstanta' adalah
identifier yang terkait nilai tidak dapat kebanyakan diubah oleh program selama
pelaksanaannya (meskipun dalam beberapa kasus ini bisa dielakkan, misalnya
menggunakan self-modifying code). Banyak bahasa pemrograman membuat perbedaan
sintaksis eksplisit selang simbol konstan dan variable.
Walaupun nilai
constant yang ditentukan hanya sekali, sebuah constant bisa direferensikan
berkali-kali dalam sebuah program. Menggunakan konstan, bukan menentukan nilai
beberapa kali dalam program tidak dapat hanya menyederhanakan pemeliharaan
kode, tetapi juga bisa menyediakan nama yang bermakna sebagai itu dan
menggabungkan ikatan constant seperti ke lokasi kode standar (misalnya, di
awal).
2.2.4
Pengertian Operator
Operator adalah simbol atau
tanda yang jika diletakkan pada dua buah operand (data) dapat
menghasilkan sebuah hasil, operator berupa
simbol yang digunakan untuk menyusun suatu ekspresi dengan melibatkan satu atau
beberapa operand. Contohnya pada matematika dimana
tanda tambah (‘+’) jika diletakkan di antara dua buah angka akan menghasilkan
angka lain hasil pertambahan dari dua angka tersebut.
2.2.5
Membuat Kalkulator Sederhana
1. Buatlah project baru seperti dibawah ini dengan nama Kalkulator, Lalu Klik Create.
2. Maka
akan menampilkan layout Form1.
3. Kemudian
akan membuat susunan label, text box
dan button seperti dibawah ini
4. Dengan
propertiya berdasarkan tabel berikut,
Object |
Properti |
Nilai |
Keterangan |
Label1 |
Text |
Bilangan Pertama |
|
Label2 |
Text |
Bilangan Kedua |
|
TextBox1 |
Name |
txtBil1 |
Untuk menyimpan
bilangan pertama |
TabIndex |
0 |
||
TextBox2 |
Name |
txtBil2 |
Untuk menyimpan
bilangan kedua |
TabIndex |
1 |
||
Button1 |
Name |
btnTambah |
Menangani
penjumlahan bilangan pertama dan kedua |
Text |
+ |
||
Tabindex |
2 |
||
Button2 |
Name |
btnKurang |
Menangani
pengurangan bilangan pertama dan kedua |
Text |
- |
||
Tabindex |
3 |
||
Button3 |
Name |
btnKali |
Menangani
perkalian bilangan pertama dan kedua |
Text |
X |
||
Tabindex |
4 |
||
Button4 |
Name |
btnBagi |
Menangani
pembagian bilangan pertama dan kedua |
Text |
/ |
||
Tabindex |
5 |
||
Button5 |
Name |
btnClear |
Menangani
penghapusan semua data, pada txtBil1, txtBil2, dan txtHasil |
Text |
Clear |
||
Tabindex |
6 |
||
Label3 |
Text |
Hasil |
|
TextBox3 |
Name |
txtHasil |
|
ReadOnly |
True |
Properti
ini dengan nilai True menyebabkan txtHasil hanya Read Only (hanya bisa
dibaca, tapi tidak bisa dilakukan perubahan teks) |
5. Setelah
mengatur properties pada object-object tersebut maka tampilannya sebagai
berikut.
2.2.5.1
Membuat Method Dan Events
Variabel-variabel tersebut adalah bil1, bil2 dan hasil yang ketiganya bertipe data double. Variabel bil1 kita gunakan untuk
menyimpan nilai dari txtBil1, variabel bil2 untuk menyimpan nilai dari txtBil2 dan variabel
hasil yang akan menyimpan nilai dari hasil pengoperasian terhadap bil1 dan bil2. Untuk mendeklarasikan ketiga variabel ini kita buka View
Code dari Form1 ini.
1. Buatlah
method dan events pada object btnTambah.
Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan
hasilnya
2. Buatlah
method dan events pada object btnKurang.
Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan
hasilnya
3. Buatlah
method dan events pada object btnKali.
Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan
hasilnya
4. Buatlah
method dan events pada object btnBagi.
Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan
hasilnya
5. Buatlah
method dan events pada object btnClear.
Lalu isikan seperti dibawah ini. Jika sudah maka saat running akan menampilkan
hasilnya.
6. Pilih
Form yang akan dijalankan pada menu Startup Object berisikan Sub main.
7.
Lalu untuk menjalankan project dapat
klik button Start pada menu bar atas
atau bisa menekan F5.
BAB III PENUTUP
No comments:
Post a Comment