Puji dan syukur selalu panjatkan
kepada Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunianyalah dapat menyelesaikan
Modul ini dengan baik. Selawat dan salam juga tidak lupa kita haturkan kepada
junjungan besar nabi Muhammad SAW.
Modul Praktikum ini disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pemrograman Visual I dan dengan adanya membuat tugas
ini dapat lebih mampu mengenal tentang Rekayasa Perangkat Lunak 2.
Dalam modul ini menyadari bahwa
masih jauh dari kata sempurna untuk itu mengharapkan kritik dan saran, agar
dapat belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi untuk kedua kalinya. Dan
ucapan terimakasih pada semua pihak yang membantu penyelesaian modul ini.
Pelaihari,
31 Desember 2021
Penyusun
DAFTAR ISI
2.2 ACTIVITY DIAGRAM
E-JOURNAL
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi dan komputer dari waktu ke waktu dirasakan semakin meningkat pesat.
Perkembangan di bidang teknologi komputer ini telah mendorong penggunaan dan
manfaat perkembangan teknologi tersebut secara luas di berbagai bidang dan
aspek kehidupan. Perkembangan ini memudahkan masyarakat pada umumnya dan
individu pada khususnya dalam menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Salah satu
contoh pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri
adalah dengan pemanfaatan komputer beserta perangkat lunaknya untuk membantu
memecahkan permasalahan yang ada.
Rekayasa
perangkat lunak merupakan satu disiplin ilmu yang bertujuan mengembangkan
sistem perangkat lunak yang efektif dari segi biaya. Perangkat lunak bersifat
abstrak dan tidak nyata. Perangkat lunak tidak terbuat dari unsur, mengikuti
hukum fisika atau proses manufaktur. Dalam beberapa hal, kenyataan ini
menyederhanakan rekayasa perangkat lunak karena tidak ada pembatasan fisis
terhadap potensi perangkat lunak. Akan tetapi, dalam hal lain, tidak adanya
batasan natural ini berarti bahwa perangkat lunak dengan mudah dapat menjadi
sangat kompleks dan dengan demikian sangat sulit dipahami
1.2
Tujuan Penulisan
Tujuan tugas ini antara lain :
1.
Memenuhi tugas mata kuliah
2.
Sebagai media pembelajaran
3.
Mengenal dan memahami Activity Diagram
1.3
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud Activity Diagram?
BAB II PEMBAHASAN
2.1
ACTIVITY DIAGRAM
Activity Diagram Menggambarkan rangkaian
aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk
dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk aktifitas lainnya
seperti use case atau interaksi.
Activity
Diagram atau Diagram aktivitas adalah bentuk visual dari alur
kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau
pengulangan. Dalam Unified Modeling Language(UML), diagram aktivitas
dibuat untuk menjelaskan aktivitas komputer maupun alur aktivitas dalam
organisasi. Selain itu diagram aktivitas juga menggambarkan alur kontrol secara
garis besar.
Activity
diagram bisa juga dianggap sama seperti flowchart (diagram alur), namun
meskipun diagram terlihat seperti sebuah diagram alur, tetapi sebenarnya
berbeda. Diagram aktivitas menunjukkan aliran yang berbeda seperti paralel,
bercabang, bersamaan dan tunggal.
Berikut symbol dari Activity Diagram :
2.2
ACTIVITY DIAGRAM E-JOURNAL
Gambar 1 Acitivity Diagram denan
SwimLane
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Activity Diagram atau Diagram
aktivitas adalah bentuk visual dari alur kerja yang berisi aktivitas dan
tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, atau pengulangan. Dalam Unified
Modeling Language(UML), diagram aktivitas dibuat untuk menjelaskan aktivitas
komputer maupun alur aktivitas dalam organisasi. Selain itu diagram aktivitas
juga menggambarkan alur kontrol secara garis besar.
No comments:
Post a Comment